Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Barang Lewat Kantor Pos

 Cara mengirim barang lewat kantor pos sebenarnya sangat sangatlah mudah dilakukan oleh siapa saja yang ingin mengirim barang ke keluarga ataupun ke custumer anda. Karena sampai saat ini kantor pos merupakan salah satu jasa pengiriman paling aman yang menyediakan jasa pengiriman barang dan dukumen lainnya.

Hanya saja, yang perlu di perhatikan pada saat anda hendak mengirim barang lewat kantor pos adalah pengemasan barang yang anda lakukan haruslah di sesuaikan dengan jenis barang yang akan anda kirim, agar nantinya tidak mengalami penolakan oleh petugas kantor pos.

Pastikan juga anda tidak mengirim barang barang yang dilarang oleh pihak kantor pos, karena sebelum petugas kantor pos menerima barang anda, akan di cek lebih dahulu oleh mereka. Nah biar anda lebih paham, mari kita bahas lebih lanjut.

Cara Mengirim Barang Lewat Kantor Pos

1. Tahap Pengemasan Barang

Ini adalah tahap yang paling penting untuk kita perhatikan, agar barang yang kita kirim nantinya sampai dengan selamat tanpa lecet ataupun rusak karena kita tidak melakukan pengemasan barang dengan baik.

Jadi, sebelum kita melakukan pengiriman barang lewat kantor pos pastikan anda membuat pengemasan yang sesuai dengan barang tersebut. Contohnya jika anda hendak mengirim alat elektronik seperti laptop, maka pastikan anda mengemasnya dengan membuat kotak yang dilapisi dengan busa untuk menghindari terjadinya benturan pada saat di perjalanan nantinya.

Kalau perlu anda beri tulisan " Barang Pecah Belah Jangan Dibanting" agar petugas lebih hati hati dalam memperlakukan barang kiriman anda.

2. Menuliskan Data Diri Penerima Barang Dengan Lengkap Dan Jelas

Setelah barang anda kemas. Maka sebelum anda mengirimnya melalui kantor pos, pastikan anda menuliskan alamat penerima dengan sejelas jelasnya, agar nanti tidak terjadi salah kirim serta mempermudah petugas pos dalam melakukan pengiriman.

Anda bisa menuliskan alamat penerima di bagian luar kemasan anda menggunakan spidol ataupun pulpen dengan huruf yang jelas dan mudah dibaca, yang meliputi

  • Nama Lengkap Penerima
  • Alamat Lengkap Penerima
  • Nomer Telpon
  • Kode Pos

3. Menuliskan Data Diri Pengirim Barang Dengan Lengkap

Selain menuliskan alamat lengkap penerima barang, kita juga wajib menuliskan data diri kita sebagai pengirim dengan lengkap dan jelas pula sebagai salah satu syarat pengiriman barang melalu kantor pos, sekaligus sebagai alamat pengiriman kembali jika ternyata alamat tujuan yang kita tuju tidak ditemukan.

Sama dengan data diri penerima barang. Data diri pengirim barang meliputi
  • Nama Lengkap 
  • Alamat lengkap
  • Nomor Telpon
  • Kode Pos

4. Datang Ke Kantor Pos Terdekat Di Kota Anda

Jika langkah langkah di atas sudah selesai, maka tahap selanjutnya anda bisa datang langsung ke kantor pos terdekat di kota anda dengan membawa barang tersebut.

Jika anda bingung saat tiba di kantor pos, langsung bilang saja sama petuga di kantor posnya, maka nanti petugasnya akan melayani anda dengan baik dan melakukan penimbangan barang yang akan dikirim serta menawarkan beberapa pilihan pengiriman seperti kiriman reguler dan kiriman kilat, dengan biaya pengiriman yang berbeda tetunya.

5. Minta Bukti Pembayaran / Resi Pengiriman Barang Anda

Sampai tahap ini, barang anda akan segera dikirim oleh petugas pos dan anda tinggal meminta bukti pembayaran ataupun resi pengiriman barang yang anda kirim sebagai bukti pembayaran yang sah sekaligus untuk sebagai alat untuk mengecek status pengiriman barang anda sudah sampai apa belum.

Pertanyaan Pertanyaan Terkait Seputar Mengirim Barang Lewat Kantor Pos

1. Tarif Pengiriman Barang Lewat Kantor Pos

Untuk tarif pegiriman barang lewat kantor pos sendiri dihitung per Kg dan kelipatannya yang bisa anda cek secara online melalu website kanto pos sendiri https://www.posindonesia.co.id/id/check-tarif

2. Contoh Penulisan Alamat Pengiriman Pos

Berikut itu contoh penulisan alamat pengiriman pos yang di ketik dan di print menggunakan komputer kemudian di tempel menggunakan lakban di barang yang akan kita kirim.

3. Call Center Pos Indonesia

Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan anda bisa menghubungi pihak kantor pos secara langsung melalui call center di bawah ini :

Demikianlah cara mengirim barang lewat kantor pos? mudah bukan?.
jangan lupa baca juga artike saya yang lain : Cara mengirim uang lewat kantor pos

Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Barang Lewat Kantor Pos"