Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Surat Lewat Pos ( Lamaran Dan Dokumen)

Walaupun terbilang jadul, cara mengirim surat lewat pos ini sangat penting untuk kita ketahui, karena tetap saja ada hal hal tertentu yang mengharuskan kita untuk mengirim surat, surat lamaran ataupun dokumen melalui kantor pos. 

Misalnya saja jika kita hendak mengirim STNK ataupun BPKB mobil, tentu kita tidak bisa hanya mengirimkan hasil scannya, melainkan harus dalam bentuk fisiknya dan masih banyak dokumen lain yang tidak bisa kita kirimkan melalui email dan media sosial.

Untuk itulah, pada saat ini saya tertarik untuk membagaikan cara mengirim surat lewat pos kepada sahabat semua, agar nanti jika sahabat memerlukan tutorial ini anda bisa mengikuti step by stepnya:

Berikut Cara Mengirim Surat Lewat Kantor Pos

1. Persiapkan Surat / Dokumen Yang Akan Di Kirim

Contoh amplop yang biasa digunakan untuk kirim sutar atau dokumen

Persiapan yang saya maksud disini adalah, kita harus benar benar menyiapkan surat ataupun dokumen yang akan kita kirim sebagai mungkin agar tidak terjadi kerusakan pada saat  proses pengiriman nantinya. 

Misalnya jika kita hendak mengirim surat lamaran kerja, maka pastikan kita menyiapkan suratnya menggunakan map ataupun amplop yang cukup besar dan kalau perlu melapisinya dengan plastik agar tidak mudah bocor.

Hal ini juga untuk mencegah agar surat yang kita kirimkan tidak kusut ketika sampai di tempat tujuan

2. Tulis Alamat Pengirim Dan Penerima Dengan Jelas Dan Benar

Selanjutnya juga pastikan kita menuliskan alamat pengirim dan penerima dengan jelas dan benar untuk menghindari surat tidak sampai ke tempat tujuan. Apalagi untuk anda yang ingin mengirim surat lamaran kerja, Penulisan kop surat yang benar dan jelas bisa jadi bahan penilain anda oleh pihak perusahaan yang anda lamar.

Berikut contoh penulisan kop surat lamaran kerja


Untuk pengiriman surat pribadi juga tidak kalah penting menuliskannya dengan baik dan benar agar seperti contoh di bawah ini

Pastikan anda menuliskan nama, alamat dan nomor telpon yang masih aktif agar pihak pos mudah menghubungi jika sewaktu waktu alamat tujuan pengiriman anda sulit untuk di temukan oleh pihak pos.

3. Pergi Ke Agen Pos Atau Kantor Pos Terdekat

Setelah surat dan dukumen anda siap untuk dikirim, silahkan adan datang langsung ke kantor pos terdekat ataupun melalui agen agen pos yang ada di kota anda dan pastikan datang pada jam buka kantor pos. Setibanya dikantor pos, bilang saja ke petugas posnya mau kirim surat, maka mereka akan melayani anda dengan sepenuh hati.

4. Pilih Jenis Kiriman Pos Sesuai Kebutuhan Anda

Perlu anda ketahui juga, pos indonesia memliki beberapa pilihan jenis kiriman seperti kiriman yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan budget yang anda miliki tentunya, karena masing masing tipe pengiriman memiliki biaya yang berbeda beda

Jenis jenis pengiriman di kantor pos diantaranya :

  • Pos Express
Yang merupakan layanan pengiriman Premium dari kantor pos yang menjanjikan kepada anda kiriman sampai dalam satu hari sejak barang diposkan
  • Pos Kilat Khusus
Merupakan alternatif lain selain dari Pos Express jika anda ingin biaya yang lebih murah namun tetap cepat sampai
  • Pos Jumbo Ekonomi
Pos Jumbo Ekonomi merupakan layanan milik Pos Indonesia dengan tarif tingkat berat pertama dimulai dari 3 Kg dan setiap satu Kilogram berikutnya sampai dengan tingkat berat 30 Kg.
  • Layanan Standar
Gimana? gampang bukan cara mengirim surat lewat kantor pos. Buat yang mau kirim uang bisa baca artikel saya sebelumnya : Cara mengirim uang lewat kantor pos

Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Surat Lewat Pos ( Lamaran Dan Dokumen)"